• Posted by : Unknown Monday 30 June 2014

    Kisah Said bin Al-Musayyib
    Ditolaknya Lamaran Sang Khalifah

    Said bin Musayyib termasuk manusia yang unggul. Ia hidup di zaman banyak orang-orang shalih. Namun di zaman itu pun orang memanggilnya manusia langka karena ia begitu takwa. Ia menunaikan haji sebanyak 40 kali. Selama 40 tahun ia tak pernah datang ke Masjid Nabawi lebih lambat dari takbir pertama. Selama itu pula ia selalu berada di shaf terdepan dalam shalat berjamaah. Salah satu hal yang diingat orang dari Said bin Al-Musayyib adalah saat ia menolak lamaran khalifah untuk putrinya.

    Sebenarnya tidaklah aneh bila Said bin Al-Musayyib jadi demikian shalih, ia adalah pelajar yang gigih dan sungguh beruntung bertemu dengan guru-guru yang luar biasa. Said belajar pada para istri Nabi Saw, ia juga belajar pada Zaid bin Tsabit, Abdullah bin Abbas dan Abdullah bin Umar. Said bahkan sempat mendengar perkataan dari Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Shuhaib dan beberapa sahabat lainnya.

    Suatu ketika Khalifah Abdul Malik bin Marwan melamar putri Said bin Al-Musayyib untuk putranya, Al-Walid. Namun Said menolaknya. Ketika orang-orang bertanya mengapa ia menolak, Said berkata, “Apa anggapan kalian terhadap putriku bila ia pindah ke istana Bani Umayyah dan bergelimang di antara baju-baju mewahnnya dan perabotan megah? Pembantu, pengawal dan para budak berdiri di depannya, di sebelah kanan dan kirinya. Kemudian ia mendapatkan dirinya setelah itu menjadi istri khalifah, bagaimana jadinya agamanya ketika itu?”

    Said malah menikahkan putrinya dengan muridnya yang shalih walau miskin, bernama Abu Wada’ah. Setelah menikah, Abu Wada’ah mengemukakan pendapat tentang istrinya, “Ternyata ia adalah wanita Madinah yang tercantik, manusia yang paling hapal terhadap kitab Allah, paling banyak meriwayatkan hadis Nabi dan wanita yang paling paham terhadap hak-hak suami.”

    0 Comments
    Tweets
    Komentar

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - 2014 All Right Reserved

    Desa Kolekan Powered by Blogger - Designed by ArDIANdRizki